Jumat, 29 Maret 2013

Sehat dengan Membaca



       Menambah wawasan dan ilmu,Lebih haus akan informasi, punya pikiran yang lebih tajam, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan otak adalah segelintir dari manfaat membaca. Namun, taukah Anda? ternyata manfaat dari membaca tidak hanya berhenti di situ saja, seperti yang di muat dalam artikel kompas.com penelitian dari Oxford University membuktikan bahwa manfaat membaca tidak hanya untuk intelektual kita. Membaca sangat baik untuk kesehatan secara menyeluruh, baik fisik maupun mental. Menurut Profesor John Stein, salah satu peneliti, membaca ternyata bukan sekadar suatu aktivitas pasif dalam mengikuti plot, melainkan suatu kerja keras dalam berimajinasi.
       Saat membaca novel misalnya atau cerpen, kita akan berempati pada tokoh-tokoh dalam novel atau cerpen tersebut. Ketika sedih kita ikut sedih, begitu juga ketika bahagia kita sedikit menyunggingkan senyum tanda bahwa kita ikut bahagia. Dengan seperti itu maka kita akan terus berimajinasi sampai cerita tersebut berakhir atau dalam bahasa kerennya ending. Mungkin kita tidak menyadari bahwa ketika membaca ternyata otak dituntut unutk berpikir lebih sehingga dapat membuat orang semakin cerdas serta meningkatkan daya ingat otak. Dan yang lebih luar biasa lagi dengan rajin membaca ternyata bisa menjauhkan kita dari penyakit Alzheimer.
       Mengapa demikian?karena Ketika kita membaca, otak akan dirangsang, rangsangan terhdaap otak terjadi ketika kita berimajinasi, membaca kata demi kata serta ketika kita memahami bacaan tersebut yang langsung di respon oleh otak.Dan stimulasi (rangsangan) secara teratur ternyata dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer.Yang tentunya manfaat ini akan terasa apabila kita melakukan kegiatan membaca dengan rutin.Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, Sudoku, dan lain-lain dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Karena kegiatan seperti ini dapat merangsang sel-sel otak agar bisa terhubung dan tumbuh.
       Satu lagi manfaat membaca yang mungkin jarang di ketahui setiap orang, yaitu mengurangi bahkan menghilangkan stress.Seperti yang kita ketahui Stres adalah faktor risiko dari beberapa penyakit berbahaya, stress yang berkepanjangan bahkan bisa menimbulkan depresi yang parah dimana akan sangat mempengaruhi kejiwaan seseorang. Keindahan bahasa dalam tulisan dapat memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stres,terutama membaca buku fiksi.peneliti menyarankan untuk membaca sebelum tidur.Cara ini dianggap baik untuk mengatasi stres.
       Nah, setelah mengetahui manfaat membaca yang luar biasa ini apakah kita akan masih malas membaca?bahkan untuk zaman yang semakin moderen seperti sekarang ini banyak informasi yang bisa di dapat dengan membaca termasuk dalam menunjang karir ataupun untuk kehidupan kita sehari-hari.Kita tidak harus membaca buku yang tebal dan rumit di jaman yang serba praktis dan modern ini sudah banyak tercipta alata-alat atau media yang mendukung untuk kenyamanan kita, internet misalnya.Siapa yang tidak tau internet??segala sumber informasi dunia ada semua di sana.Jadi mulai sekarang luangkan waktu untuk membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar